Siapa ISIS Sebenarnya ?

ISIS  adalah kelanjutan dari kelompok-kelompok garis keras dan esktrim di Irak seperti Jamaatul Tauhid Wal Jihad fi Biladil Rafidin dan Majilis Syoru Mujahidin. Kedua kelompok ini merupakan kelompok radikal yang berhaluan garis keras dan bekerja sama dengan organisasi Al Qaeda pimpinan Osama Bin Laden

Orang-orang ISIS adalah juga orang-orang Al Qaeda, yang kini dipimpin oleh Ayman Al Zahawahiri setelah pinpinannya Osama bin Laden tewas dalam penyergapan pasukan Amerika di Pakistan tahun 2011 silam.

Anggota-anggota ISIS adalah mereka yang sebelumnya juga adalah kelompok-kelompok radikal yang tergabung dalam beberapa organisasi teroris di dunia Arab dan memiliki perwakilan-perwakilan di beberapa negara yang mayoritas penduduknya adalah Islam. Mereka adalah eks-eks combatant dari Afganistan yang tersebar ke mana-mana setelah pasukan sekutu AS menyerbu Afganistan pasca pemboman World Trade Center (WTC) di New York pada tahun 2001.

ISIS awalnya didirikan oleh Abu Musab al-Zarqawi. Ia pernah ikut bersama mujahidin Afganistan berperang melawan Uni Sovyet. Di Afganistan ini pula awal pertemuan Zarqawi dengan pimpinan Al-Qaeda Osama pada tahun 2000 untuk meminta bantuan untuk kelompoknya bagi jaringannya yang bernama al-Tawhid wal-Jihad dengan tujuan menggulingkan pemerintah Yodania.

Zarqawi kemudian mengucap janji kesetiaan (bai'at) dengan al-Qaeda dengan mendirikan jaringan dengan memberi nama jaringannya Tanzim Qaidat al-Jihad fi Bilad al-Rafidyan  atau umumnya disebut dengan al-Qaeda in Iraq (AQI). Titik temu al-Qaeda dan Zarqawi ketika itu adalah kesamaan target yakni menguasai Irak dengan target musuh AS.
Siapa ISIS Sebenarnya ?

Sejarah Perkembangan Nama ISIS

  1. Pada Tahun 1999-2004 bermana Jamaat Al-Tawhid Wa-l-Jihad (JTWJ)
  2. Pada Tahun 2004-2006 bermana Al-Qaeda in The Land Of Two Rivers atau lebih dikenal dengan Al-Qaeda in Iraq (AQI)
  3. Pada Tahun 2006 bermana Majilis Shura Al-Mujahidin (MSM)
  4. Pada Tahun 2006-2013 bernama Islamic State of Iraq (ISI)
  5. Pada Tahun 2013-2014 bermana Islamic State of Iraq and Al-Syam (ISIS)
  6. Pada Tahun 2014-Sekarang bermana Islamic State (IS)
Tahun 2006 jaringan ini membentuk Mujahidin Shura Council atau Majilis Shura Mujahidin (MSM) yang selanjutnya menjadi Islamic State of Iraq (ISI). Zarqawi meninggal pada tahun 2006 yang selanjutnya tongkat kepemimpinan diganti oleh Abu Umar al-Baghdadi pada bulan Oktober. Di bawah kepemimpinan al-Bahdadi ISI semakin menampakkan gerakan ekstrim dan radikal.

Tahun 2011, ketika sudah dibawah pemimpin baru Abu Bakar al-Baghdadi ISI melakukan operasi ke Suriah, Ketika merasa berhasil di suriah. Pada April tahun 2013 Baghdadi lantas memberikan nama gerakan ISI menjadi ISIS singkatan dari Islamic State of Iraq and Syiria dalam rangka melebarkan kekuasaan ke daerah suriah. Penguasaan ISIS di Suriah dan kemudian kembali lagi ke Irak khususnya Mosul menjadi momentum deklarasi mereka pada tahun 2014 menjadi Islamic State (IS).

Demikian Tulisan religipedia kali ini mengenai Siapa ISIS Sebenarnya ?, dimana tulisan ini di kutip dari Buku Cetak Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme 2015 yang berjudul Waspada ISIS. Tulisan ini semata-mata hanya bermasuk sebagai tindakan deradikalisasi atau kontrapropaganda, agar muslim di Indonesia tidak terpengaruh oleh terorisme dan tetap hidup dengan harmonis. Amin

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Siapa ISIS Sebenarnya ?"

Posting Komentar